Biologi Simply

Biologi

Biologi adalah ilmu alam yang mempelajari kehidupan dan organisme hidup, termasuk struktur, fungsi, pertumbuhan, evolusi, persebaran, dan taksonominya. Ilmu biologi modern sangat luas dan eklektik, serta terdiri dari berbagai macam cabang dan subdisiplin. Namun, meskipun lingkupnya luas, terdapat beberapa konsep umum yang mengatur semua penelitian, sehingga menyatukannya dalam satu bidang. Biologi biasanya mengakui sel sebagai satuan dasar kehidupan, gen sebagai satuan dasar pewarisan, dan evolusi sebagai mekanisme yang mendorong terciptanya spesies baru. Selain itu, organisme diyakini bertahan dengan mengonsumsi dan mengubah energi serta dengan meregulasi keadaan dalamnya agar tetap stabil dan vital.

Istilah biologi berasal dari kata dalam bahasa Yunani βίος, bios, yang berarti “kehidupan”, dan akhiran -λογία, -logia, yang artinya “ilmu.” Bentuk Latin dari kata tersebut (biologi) pertama kali digunakan oleh Linnaeus (Carl von Linné) dalam karyanya yang berjudul Bibliotheca botanica pada tahun 1736. Kata tersebut dipakai lagi pada tahun 1766 oleh Michael Christoph Hanov dalam tulisannya yang berjudul Philosophiae naturalis sive physicae: tomus III, continens geologian, biologian, phytologian generalis. Terjemahan bahasa Jermannya, yaitu Biologie, pertama kali muncul dalam terjemahan karya Linnaeus pada tahun 1771. Pada tahun 1797, Theodor Georg August Roose menggunakan istilah tersebut dalam pendahulu bukunya yang bertajuk Grundzüge der Lehre van der Lebenskraft. Karl Friedrich Burdach pada tahun 1800 memakai istilah ini dalam arti yang lebih sempit, yaitu penelitian manusia dari sudut pandang morfologis, fisiologis, dan psikologis (Propädeutik zum Studien der gesammten Heilkunst). Istilah biologi dalam pengertian modern baru muncul dalam buku Biologie, oder Philosophie der lebenden Natur (1802–22) yang ditulis oleh Gottfried Reinhold Treviranus.

Kami cdinteraktif.co.id didampingi oleh PT Arion Indonesia menyediakan dan menjual CD pembelajaran interktif mata pelajaran IPA SD dan BIOLOGI SMP, SMA.

Kelas VII
1. Sifat larutan asam basa dan garam.
2. Nama Unsur dan rumus kimia sederhana.
3. Sifat Unsur senyawa dan campuran.
4. Percobaan kimia sederhana.
5. Metode penelitian Sains.
6. Pengamata Gejala Alam Biotik dan Abiotik.
7. Ciri-ciri makhluk hidup.
8. Keanekaragaman makhluk hidup.
9. Ekosistem.
10.Saling Ketergatungan dalam ekosistem.

Kelas VIII
1. Pertumbuhan dan Perkembangan pada Makhluk Hidup.
2. Tahapan perkembangan dan Sistem Gerak pada Manusia.
3. Sistem Pencernaan pada Manusia.
4. Sistem Pernapasan pada Manusia.
5. Sistem Peredaran Darah pada Manusia.
6. Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan.
7. Sistim Gerak & Transformasi Energi pada Tumbuhan Hijau.
8. Atom,Ion,dan Molekul.
9. Kegunaan & Efek Samping Bahan Kimia dalam Kehidupan sehari – hari.
10.Zat Aditif dan Psikotropika

Kelas IX
1. Sistim Ekresi pada Manusia.
2. Sistim Reproduksi dan Penyakit pada Manusia.
3. Sistim Koordinasi dan Alat Indra pada Manusia.
4. Kelangsungan Hidup Makhluk Hidup.
5. Pewarisan Sifat pada Makhluk Hidup.
6. Hasil Pewarisan Sifat dan Penerapannya.
7. Bioteknologi
8. Pengaruh terhadap Perubahan Lingkungan dan kesehatan.

Leave a Reply